Pari Manta, Primadona Bawah Laut Flores

Pari Mantan,Primadona Bawah Laut Komodo Flores Indonesia

Manta Manta Manta Mantaaaaaaaaaa N, seneng banget degernya akan melihat mantaaa :D
bukan mantan lho yah, tapi Manta :D
klau Manta kan Lucu, tapi kalau MantaN
lucu juga hehehheheh :D

Setelah tracking yang menguras banyak keringat, selanjutnya Nahkodapun membawa beta melihat Pari Manta, yaitu ikan pari Raksasa Tak Berbahaya. Kapal yang membawa betapun perlahan-lahan mendekati spot yang sering dibuat main oleh Sang Raksasa ini yang berada di Taman Nasional Komodo NTT.

Manta dari Atas Kapal
Gemeteren juga loh
 
Ikan pari manta (Manta birostris) adalah salah satu spesies ikan pari terbesar di dunia. Lebar tubuhnya dari ujung sirip dada ke ujung sirip lainnya mencapai hampir 6-8 meter (kemungkinan lebih karena ada laporan yang mengatakan bahwa ada manta yang lebar tubuhnya mencapai 9,1 meter). Bobot terberat manta sendiri yang pernah diukur mencapai sekitar 3 ton. 
 
jangan di Tiru
 
Pari manta juga bukan merupakan pari yang beracun, ekornya tidak mempunyai sengat seperti kebanyakan ikan pari lainnya. Kulit manta diselubungi lapisan lendir yang jauh lebih tebal dibandingkan ikan pari kebanyakan. Lapisan lendir ini diduga ada hubungannya untuk melindungi kulitnya yang rentan. Manta juga dianggap lebih cerdas dari pari yang lainnya, karena memiliki otak yang juga lebih besar.

Ciri khas manta adalah sepasang “tanduk” di dekat mulutnya. “Tanduk” ini sebenarnya adalah sepasang sirip sefala (kepala) yang membantu memasukkan air laut yang mengandung plankton makanannya dan bisa ditekuk ke dalam mulut. Di dalam mulutnya juga terdapat 300 gigi kecil berbentuk pasak dan nyaris tersembunyi di bawah kulit. Gigi ini tidak digunakan untuk makan, namun gigi ini berguna saat manta melakukan perkawinan.

Manta juga memiliki lima pasang celah insang di bagian bawah tubuhnya untuk mengeluarkan air yang masuk melalui mulutnya. Di bagian dalam celah insangnya terdapat tapis insang atau piringan penyaring (filter plate) yang berfungsi untuk memerangkap plankton yang masuk bersama dengan air laut. Makanan si ikan pari manta adalah plankton. Dalam sehari ia bisa menyedot plankton sampai hitungan ton.

Ikan Manta yang Lucu

Ikan ini belakangan juga dikategorikan sebagai “menuju terancam” (near threatened) oleh IUCN, karena walaupun jumlahnya belum masuk kategori terancam punah, namun pada masa depan diperkirakan populasinya akan menyusut hingga akhirnya terancam punah. Selain itu, rumor yang menyebutkan insang pari manta bisa sangat bermanfaat bagi kosmetik, menyebabkan perburuan pari manta masih gencar dilakukan di beberapa tempat, termasuk di Indonesia. Pemerintah INDONESIA harus memikirkan, agar tidak punah oleh tangan-tangan tidak bertanggungjawab, yang hanya memikirkan kepentingan bisnis semata.

in Action
 
Awak kapal yang beta tumpangi langsung langsung menuju ke dek depan kapal dan melihat sekeliling. Tiba-tiba ia berteriak... "itu Manta.. ituuuu mantaa ituu mantaaaaa, "
Pari manta adalah ikan pari yang besar dan sering membuat diver terkagum-kagum.
Dari atas kapal kami melihat beberapa Manta atau ikan Pari Manta berenang melewati perahu dan kami sontak berteriak kegirangan sambil mengelilingi perahu untuk melihat pergerakan hewan berbadan besar dan pipih ini.

Plengeh John
 
Ada beberapa spot diving yang bisa didatangi di Pulau Komodo, salah satunya adalah Manta Point. Persis seperti namanya, di sini teman-teman bisa menyelam dan kemungkinan bertemu dengan hewan gigantis yang satu ini.

Melihat dan bertemu Manta langsung di laut sudah beta idamkan sejak dulu.
Dulu awal tahun 2016 beta sempat ingin melihat ikan manta di Nusa Penida, disana juga ada spot untuk melihat ikan raksasa yang lucu ini, tapi sayang alhasil beta tidak bisa melihat ikan Manta ini.
Hewan laut yang satu ini tak bisa ditemui di sembarang tempat. Di Indonesia sendiri ada 3 tempat yang terkenal sering terlihat penampakan pari manta yaitu di Pulau Komodo, Sangalaki dan Raja Ampat. 
 

Jadi kesempatan ini gak beta sia-siakan, karena saking girangnya gak sabar untuk langsung nyemplung ke laut dan berenang bersama Manta. Setelah memakai semua alat snorkeling “byuuuurrrrrrrrrrr” langsung nyebur ke laut.
Awalnya masih agak takut-takut karena warna air laut hampir hitam, tau kan gimana kalau warna air hitam ?
Nah bener sekali, warna air hitam ini artinya dalam banget hahahha
yaa jelas karena lokasi spot ini ada ditengah laut flores.
Bisa melihat manta di habitat aslinnya begitu menyenangkan. Dengan jelas saya melihat beberapa ekor manta berenang-renang kesana-kemari sembari membuka mulutnya untuk memakan plankton dalam jumlah yang besar.

Dari dalam laut beta lihat Manta, ada yang berjumlah dua ekor kayak sedang pacaran gituuuuuuu #kalahGue
Manta disini seakan sudah familiar dengan kehadiran kapal-kapal, terlihat dengan enjoynya dia berenang-renang dekat kapal. Keelokan dan tarian gemulainya selalu dinanti oleh turis dalm negeri maupun mancanegara.
Oiya, Ada cerita lucuketika kami akam melihat ikan manta, yaitu ada salah satu teman dari Kupang, dia girang sekali akam melihat ikan manta. Karena yang terlintas di pikiran dia, ikan manta itu adalah ikan kecil-kecil seperti Nemo dan kawan-kawannya. Tapi setelah dia terjun dari kapal dan melihat kehebatan ikan mantaaaaa, diapun langsung 'girab-girab (bahasa jawa)” , teriak-teriak dan memegang temen sebelahnya karena ketakutan, hahahaha. Ternyata beda banget dengan apa yang dipikirkannya.


Panasnya Flores, Ampuuunnnn dah


Ikan Pari Manta ini ternyata sangat ramah dengan para divers atau penyelam. Bahkan ikan ini seolah-olah mengajak kita bermain lho< terbukti dengan gaya renang dia yang enjoy santai kayak anak pantai gituuuuu (kan emang anak pantai, dung dung lhu min) hehhe

Pari manta punya kebiasaan berenang di dekat permukaan air man teman. Sehingga memudahkan diver yang ingin melihatnya. Tapi harus diingat ya, meski manta bukan ikan yang ganas, jangan sekali-kali memegangnya. Cukup melihat keindahannya dengan kedua mata saja dan mengabadikannya dengan kemera.


 
Ikan ini suka dengan perairan hangat, seperti daerah khatulistiwa. Jadi ikan ini bisa dilihat di Kepualau di Indonesia, diantaranya adalah di Derawan (Kalimantan Timur), Raja Ampat (Papua), Pulau Weh (Sabang), Nusa Penida (Bali) serta di Komodo Nasional Park (NTT). Menurut penelitian, tempat terbaik melihat Manta adalah di Komodo Nasional Park, NTT










Selfi dan jngan ditiruuu






Untuk waktu paling tepat bertemu pari manta adalah November.
Karena di bulan inilah pari manta terlihat sering berseliweran di perairan Pulau Komodo.






Yuk lestarikan alam INDONESIA dan lindungi Manta di INDONESIA khususnya di pulau Komodo :)

Komentar