Prepare Go to Sepang International Circuit Malaysia

Hae man teman !!


 

Pada kesempatan kali ini gue ingin bercerita diluar expore mengexplore alam dulu yaah, karna gue salah satu orang yang suka dengan kegiatan yang berbau-bau Race, karna dahulu kala pada zaman memono ketika gue masih kecil sering tuh diajakin bapak nonton race, dari race dengan mesin besar, sedang, kecil hingga balapan kuda yang harganyaa bisa selangitpun gue tonton. Nah karna itulah sampai sekarang masih suka dengan dunia yang berbau-bau race.
Akhir Oktober kemarain gue ada kesempatan nonton race motoGP, gua akan berceritan dan berbagi tips untuk teman2 yang ingin menyaksikan juga MotoGP di Sepang, Malaysia yang diselenggarakan tanggal 27-29 November 2017.
eeiittzzzz, Tapi inget ya, artikel ini diutamakan untuk penonton yang statusnya backpacker.Kalau ikut Open Trip mah tinggal barangkat aja gak usah ngurus ini ituu, tapi menurut gue kurang menantang gitu klu ikutan Open Trip (Padune Larang), karna backpacker akan membawa kita ke hal-hal yang unik yang hanya bias dijumpai ketika kita melakukan perjalanan.

Lets go!

DIMANA LOKASI SIRKUITNYA ?
Pergelaran Moto GP paling dekat memang ada di Sepang Malaysia. Untuk itu sebelum nonton Live Moto GP di Eropa, alangkah baiknya dimulai dari tempat2 yang terdekat dengan Domisili. Sepang International Circuit (SIC) merupakan sirkuit yang digunakan untuk Malaysian Grand Prix dan juga Malaysian Motorcycle Grand Prix dan di buka pada 7 Maret 1999 dengan arsitek bernama Hermann Tilke.

SIC dari Atas

BERANGKAT SAMA SIAPA?
Mau sendiri boleh, mau jamaah juga boleh. Rame-rame lebih enak sih. Ke mana-mana lebih murah
karna bisa patungan. Dan kalo nyasar juga nyasar bareng nggak dewean, hahahha. Dan pastinya lebih seru. Tapi kalau gue kemarin ke SIC Cuma berdua dengan rekan kerja dari Solo yang punya Koka delight, namanya RYO NOOR HUZEIN bin Bp Moerdowo. Kanapa Cuma berdua ? karena kebetulan kita sama2 penyuka moto GP so gak pakai lamaa barangkat ajaa cuuuusszzz.


Gue sarankan juga untuk mencari teman sesama penggemar MotoGP ya biar ngbrolnya nyambung, hahhaha. Biasanya yang demen gabung fanclub bisa menemukan teman untuk pergi bareng.

BERAPA DUIT?
Besarnya uang yang kamu bawa, tergantung pada berbagai faktor:
1. Dari mana kamu berangkat, menentukan harga tiket pesawat.
    Kalo mau dapet tiket pesawat murah, harus rajin-rajin cek harga promo dan jauh2 hari.
2. Tiket nonton MotoGP pun beragam.
    Biar dapet murah, harus rajin-rajin cek tanggal early bird.
3. Penginapan juga sangat berpengaruh pada biaya yang harus kamu keluarkan.
    Bagi backpacker, gue saranin nginep hostel karena lebih murah, jangan bagus2 deh penting bias buat istirahat dan yang paling penting bersih dan aman..
4. Makan jelas harus dipikirin. Siapin aja uang sekitar 20-30 RM untuk sekali makan.
5. Transportasi selama di sana juga berpengaruh.
    Harga tiket bus sekitar 10-20 RM untuk bus umum. Kalo naik taksi dari Kuala Lumpur ke Sepang, bisa-bisa sampe 100-120 RM.
 
Ringgit Malaysia (RM)

BAGAIMANA CARA SAMPAI ke SIC ?
Nah setelah tau lokasi sirkuitnya dimana, langkah pertama langsung cek tiket Pesawat. Tips seperti yang pernah gue share ke teman2, yaitu booking tiket jauh2 hari lhu yaah. Karena jadwal moto GP sudah bias dilihat jauh2 hari, maka kita juga bisa membooking tiket pesawat jauh2 hari juga.
Kemarin gue dapat tiket lumayan murah yaitu 900.000 IDR untuk perjalanan Pulang-Pergi. Kenapa bias murah ?? karna gue nyarinya 10 bulan sebelum keberangkatan. Tuh kan dapat murah hhehehe.
Perjalanan gue dari Solo – Sepang menggunakan transportasi Becak, Kereta, Pesawat, Suttle Bus, dan Taxi. Tuh lumayan pindah2 transportasi ya. Hhhaa
Untuk rincian biayanya :
  1. Domisili – St. Purwosari : 20.000 IDR

    Mbecak
     
    Tempat Tinggal - St Purwosari

  2. St. Purwosari – Yogyakarta (JOG) : 18.000 IDR
     
    Kereta Pramek Solo - Jogja
    St Purwosari - Adisucipto Airport

  3. Yogyakarta (JOG) – KLIA2 : 450.000 IDR
     
    Perjalanan Cuy
    Plengeh
     
    Adisucipto Airport - KLIA

  4. KLIA2 – KL Central : 12 RM ( 39.600 IDR )
     
    Suasana di Bus menuju Bukit Bintang KL
    KLIA2 - Bukit Bintang KL
  5.  KL Central – SIC : 100 RM ( 330.000 IDR )
    Taksinya bagus
Komunitas Helm KYT
Bukit Bintang - SIC

Jadi untuk bisa sampai ke Sepang International Circuit gue menghabiskan biaya kurang lebih 857.600 IDR, itu baru perjalanan berangkatnya yaaa.


HAL YANG PERTAMA KALI DILAKUKAN SETELAH SAMPAI KL.
Setelah sampai di KL, hal yang pertama dicari yaitu Provider. Karena provider yang kita bawa dari Indonesia tidak akan berfungsi jika kita diluar wilayah Indionesia (tidak akan ada sinyal). Perdana yang gue beli disana yaitu MY MAXIS dengan harga 20 RM ( 66.000 IDR ) dengan kouta 2 GB.

Trus ketika iPhone sudah terisi kouta, perut pun tak mau kalah untuk ikutan minta diisi juga. Akhirnya gue dapat tempat makan di area KLIA2 yaitu NZ Curry House dan yang gue pesan :
TEH AIS (3.2 RM) + KAMBING MASALA (8 RM) + KARI NASI BRIYANI (6.5 RM) totalnya 17.70 RM (58.410 IDR). Wuih, lumayan juga yah hahahahhaa.
 
Enak banget Suer dah

Setelah perut dirasa sudah kenyang, perjalanan dilanjutkan menuju Hotel yang ada di KL Central.


 
PENGINAPAN
Nah, karena kita
backpacker, mending cari hostel atau dormitory hotel, karena biayanya lebih murah dan biasanya sekamar bisa rame-rame. Carilah penginapan yang aksesnya dekat dengan pusat transportasi, misalnya di kawasan KL Sentral dan KLIA1 maupun KLIA2.Gue pesen hotel sekitar 1 bulan sebelum keberangkatan yaitu di Hotel Elwarda KL City 42/3 I, H Wisma City Tower, Jl. Alor, 50200 Kuala Lumpur Malaysia (3rd Floor). Bagi temen2 yang pengin menginap disini juga, nih gue kasih nomer trlp nya : +603 211 045 44 / +603 211 044 20.

Suasana di depan Hotel

 
Kartu Nama
Nota


 Untuk biayanya per malam 60.60 RM (199.980 IDR), karna gue menginap 2 malam jadi total habisnya 121.2 RM (399.960 IDR) / room dan karna orang asing sehingga ada tambahan biaya untuk pajak sebesar 20 RM.
Peraturan Pembayaran Pajak

BELI TIKET NONTON
Untuk pembelian tik
et bisa di akses ke : https://www.sepangcircuit.com ,Tapi kalau gue langsung beli ditempatnya sih, tapi tetep harus antri yaaa.
Sama kaya kalo mau nonton konser, sirkuit MotoGP juga dibagi jadi beberapa bagian, yaitu:
1.
Premier Roving : RM366.30
2. Marc Marquez Tribune : RM305.25
3. Main Grandstand : RM244.20
4. VR46 Tribune : RM195.36
5. F Grandstand : RM97.68
6. SIC Racing Team (K2 Uncovered Hillstand) : RM85.47
7. C2 Covered Hillstand : RM48.84 
 
 Kalau gue beli yang kategori Main Grandstand (MGS) karena ini yang paling worth it menurut gue, karna osisinya berada di depan garis Start dan Finis serta persis didepan TPodium Pemenang. Jadi nanti ketika pembalap naik podium, kita bisa turun sampai di area Race. (kalau beruntung). Hhee
 
Depan
Belakang
Depan Pintu Masuk SIC
Bagi pemegang tiket main grandstand (MGS), kamu bakal punya kesempatan untuk ikut sesi Pitlane Walk pada hari Jumat, setelah FP2 digelar. Pitlane Walk adalah sesi di mana kamu bisa jalan-jalan di pitlane selama 40 menit. Kalo beruntung, kamu bisa ketemu rider favorit kamu di sana. Biasanya mereka sengaja nongol untuk ketemu fans. Ada juga sesi meet & greet di hari Sabtu dan Minggu. Tapi kudu rajin-rajin ya cari informasi soal kapan dan di mana meet & greet itu bakal digelar. Bagi pemegang paddock pass, ketemu rider favorit jelas jauh lebih gampang. Mau dari pagi sampe malem di paddock juga pasti ntar ketemu.



MENGENAL LEBIH DEKAT DENGAN SEPANG INTERNATIONAL CIRCUIT.
Sepang International Circuit / SIC memiliki panjang lintasan 5.543 KM (4.33 mil) dan 15 tikungan. Lokasi sirkuit ini memang terletak cukup jauh dari Ibukota Negara Malaysia, Kuala Lumpur, tetapi sangat dekat dengan lokasi bandara Kuala Lumpur International Airport (KLIA). Hal ini sengaja dibuat karena sirkuit ini memang harus dekat dengan bandara untuk memudahkan akses para tamu internasional yang datang dengan waktu yang cukup singkat sekitar 20 menit
Live Race Moto3
Persiapan Live Race Moto2
Persiapan Moto2
Suasana sebelum Race
Persiapan Live Race MotoGP

Persiapan Podium Moto2

Sepang International Circuit diresmikan pada tanggal 9 Maret 1999 oleh Perdana Menteri Dato ‘Seri Dr Mahathir Mohamad. Pada saat itu seluruh konstruksi bangunan dan jalur balap sudah selesai dalam waktu 14 bulan. Hal ini menjadi catatan sejarah, dan akhirnya sirkuit ini mendapat pengakuan dari kalangan internasional karena fasilitasnya yang serba ultra modern.
Sepang memiliki trek balapan searah jartum jam (ke kanan) dengan panjang sirkuit 5,543 km, dengan kombinasi tikungan sebanyak 15 bentuk trek yang penuh tantangan, serta 8 jalur semi lurus, maupun lurus panjang dengan kecepatan bisa ditempuh lebih dari 300 km/jam. Trek balap sirkuit ini memungkinkan ada banyak peluang dan kesempatan pembalap untuk saling menyalip (overtaking), dan mendapatkan sensasi perlombaan yang sesungguhnya.



JADWAL RACE
Jadwal race weekend MotoGP:
Kamis: Media Day & Scrutineering
Jumat: Latihan pertama (FP1) & latihan kedua (FP2)
Sabtu: Latihan ketiga (FP3), latihan keempat (FP4) & kualifikasi (QP)
Minggu: Pemanasan (WUP) & balapan (Race)
Morbideli Moto2




HOW TO MEET YOUR FAVORITE RIDER
Nah ini bagian paling kompleks. Paling ribet dan jangan berharap lebih yah.
Siapkan mental. Baik mental untuk ketemu, maupun mental untuk gagal ketemu. Karena untuk bias ketemu rider favorit emang susah, tp tidak menutup kemungkinan juga sih untuk bias ketemu. Kalo ada kesempatan, samperin aja.

with Sheeva Ardiansyah Rider Motocroos


BARANG APA AJA YANG PERLU DIBAWA?
  1. Baju dengan jumlah secukupnya. Bawalah baju secukupnya saja, nanti disana baru borong baju2 rider favorit kamu.
  2. Peralatan mandi dan obat-obatan. Ini udah jelas harus dibawa ya. Sikat gigi harus bawa! Wajib, Malu kan ketemu rider favorit kalo gigi kita banyak jigong.
  3. Tas Carier dan tas kecil. Tas carier untuk menaruh berang2 yang besar, nanti kalau mau nonton Live MotoGP carier tinggal saja di Hotel dan bawa tas kecil untuk barang2 yang sekiranya perlu dan penting untuk menunjang ketika di SIC.
  4. Earplugs. Kalo ga tahan sama suara bising, teman2 harus bawa earplug demi menghindari kebolotan diusia dini. Kalau gue mah pakai headphone saja sudah cukup, hahaha. Sebuah motor MotoGP bisa menghasilkan suara hingga 130 desibel. Jangan biarkan kuping kalian bermasalah karena abis nonton MotoGP, Kawan. Earplugs bisa juga dibeli di sirkuit, harganya sekitar 5 RM. Kalo ga mau beli
  5. Topi dan Baju Rider Favorite. Karna gua fans nya Vale, jadi wajiblah pakai Kaos 46 dan aksesorisnya. Oiya, tambah kaca mata deh biar cool dikit. Karna disana bakalan ketemu bule2.
  1. Sunblock. Karena SIC panasnya gila, Kalo ga mau kulit jadi gosong dan perih kalian harus bawa deh.
  2. Kamera. Ini penting dan jangan sampai lupa ya, karena dokumentasi menurut gue sih penitng banget ya.
  3. Hp Cadangan. Karena pengalaman kemarin Hp gue tiba2 mati dan gak bias di akses. Parah tuh padahal sebelumnya sehat2 saja
  4. Charger HP dan Kamera
  5. Powerbank. Udah tau lah ya buat apaan.
  6. Duit yang banyak. Kalo ga ada duit di sono, kamu mau apa? Inget selain bawa uang RM (Ringgit Malaysia), kalian juga harus bawa Dolar untuk jaga2 yah, dan jangan lupa juga bawa Rupiah, meskipun tidak dipakai disana, tapi gak masalah buat jaga2 kok, lagian disana juga banyak Money Changernya
  7. Paspor dan surat identitas lainnya. Bawa ke mana pun kamu pergi. Karena passport disana sebagai pengganti KTP kalau di Indo.
  8. Fotokopi identitas, baik paspor maupun KTP. Buat jaga-jaga kalo ada sesuatu yang tak diinginkan terjadi.
  9. Tiket nonton MotoGP. Jangan sampe ketinggalan. Fatal Nih. Nggak mau kan jauh2 nangis di main gate gegara gak bisa masuk sirkuit.


TIPS BERHEMAT SELAMA DI SEPANG ?
Tips dari gue adalah: jangan belanja!That’s it.


Kiranya gitu dulu ye ceritaa dari gue.
Kalo ada pertanyaan, sila sampaikan di kolom komentar ya.

 Selamat Menikmati Live Race Moto GP dan Hati-hati di jalan!

See you ^_^


Komentar