Explore Kawah Sikidang



Hey brather and sisteeeerr,
Pernah gak terpintas dibenak kalian gimana rasanya main motor di bibir kawah yang sedang aktif yang bisa erupsi kapanpun dia suka ,, ??
Nah gue pernah
kalau kata @mohargirofaa sih rasanya “Edan” ?
Nah kali ini gua akan berbagi cerita tentang Explore gue di Kawah Sikidang.
ada apa aja sih disana.
lets Goooooo ...


 Kawah Sikidang terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.
Kawah Sikidang merupakan cekungan berisi kawah yang timbul karena aktivitas Gunung Berapi di Dataran Tinggi Dieng ☃️⛄️

Kenapa sih namanay Kawah Sikidang ??
Konon nama “sikidang” karena letak kawah utamanya sering berpindah-pindah, sehingga terciptalah nama “sikidang”, yang berasal dari “kidang” (kijang).
Kawah utama yang berpindah-pindah disamakan dengan sifat kijang yang senang melompat ke sana-ke mari (membawa alamat,,, . Oh NOO !! )

Asal usul nama kawah yang satu ini masih menjadi sebuah pertanyaan bagi masyarakat lokal dieng sendiri karena ada beberapa versi cerita yang menyebutkan sejarah kawah sikidang dari sisi mitos atau legenda di tengah masyarakat dieng.
Satu legenda yang populer di kalangan pengunjung atau wisatawan yang datang di area kawah terbesar yaitu munculnya kepundan kawah yang di sebabkan oleh tokoh fiksi seorang raja yang gagal meminang putri cantik karena tertimbun di dalam sumur yang di lakukan oleh pasukan sang putri untuk membunuhnya. Sehingga bagi penduduk lokal sendiri justru bertolak belakang dengan cerita legenda tersebut.
Sejarah kawah sikidang yang terbentuk ribuaan tahun silam ( pra sejarah ) dan membentuk kepundan di area kawah hingga kini masih menunjukkan aktifitasnya baik berupa solfatara maupun fumarola.
Kenapa sih harus Kawah Sikidang ?
Emang Ada Keistimewaannya ?

Nih Cuy gue jelasin
Keistimewaan kawah sikidang terletak pada lokasinya yang berada di sebuah tanah yang datar sehingga pengunjung dapat melihat dengan jelas adanya letupan di permukaan kawah serta adanya gas yang meuncul dari Kawah Sikidang ini ?
Biasanya nih yaaa, yang pernah gue temukan kawah itu berada di puncak gunung sehingga menyulitkan dalam mencapainya ⛺️⛰
itu pun kadang kawah yang ada terletak jauh di kedalaman kubah sehingga tidak mudah untuk melihatnya ?
Nah kenpa Kawah Sikidang Istimewa, yaaa karna kita gak usah Hiking untuk melihat Kaawahnya ?
Masih kurang Istimewa lagi.
Nih gue kasih tau lagi yeee.
Keistimewaan lainya yang bisa didapatkan ditempat ini adalah kalian-kalian bisa merebus telur di kawah sikidang ?
Kalian bisa merebus telur dengan alat seperti kail pancing yang bisa di dapatkan di area tersebut ?
Cara merebusnya adalah dengan membungkus telur menggunakan plastik. Selanjutnya kaitkan plastik yang diisi telur ke kail bambu dengan tali. Setelah matang, kalian tinggal mengangkatnya dan menikmati telur rebus yang direbus dikawah Cuuyyyyy ?
Keren kaaann Hahahaha

Wahana Bermain di Kawah Sikidang Dieng

 

Selain menjajal sensai merebus telur dikawah sikidang, kalianjuga bisa menikmati wisata kawah sikidang dengan cara berbeda. Di kawah ini terdapat penyewaan alat bermain seperti sepeda, motor croos, ATV dan Kuda. Kalau gue mainan motor croos ajaaaa yang lebih seru hahaha
Untuk sewa motor croos biayanya 50.000 per 30 menit lhu.

Kalian bisa mengelilingi dan menikmati pemandangan kawah dieng dengan menaiki salah satunya.
Bagi teman2 yang lupa membawa kamera ketika berkunjung ke tempat ini. Di kawah dieng terdapat jasa foto langsung jadi dengan harga yang relatif murah. Kalian bisa foto dengan menunggangi kuda di tempat ini.

Wisata Belanja dan Kuliner di kawah Sikidang Dieng

Selain penyewaan alat bermain, di area ini juga banyak yang menjual pernik pernik khas dieng. Seperti bunga edelwis, baju bertuliskan deing , shall, penutup kepala dan masih banyak lagi.
Di area kawah sikidang juga terdapat banyak warung yang menjajakan makanan khas dieng. Seperti Kentang goreng, tempe kemul, carica, minuman purwacen dan masih banyak lagi.
Perlu diketahui bahwa purwaceng adalah minuman penghangat badan. Dengan meminum ini badan akan terasa hangat ketika berada di dieng dengan suhu yang dingin.

Harga Tiket Masuk Kawah Sikidang Deing

Untuk harga tike kawah sikidang pada saat itu adalah 15.000 rupiah. Tiket tersebut sekaligus menjadi tiket masuk candi dieng. Jadi anda cukup membeli satu tiket untuk menikmati 2 tempat wisata di dieng.
Harga tiket tersebut sewaktu-waktu bisa berubah. Biaya lain yang harus anda keluarkan adalah tiket parkir kendaraan bermotor.






Itu sedikit cerita dari gue yaahhh,
Semoga bisa buat referensi kalian yang ingin merasakan dinginnya Dieng hahahha

Daaaaaaaaaaaaaaaaa

Komentar